Mengkudu Atasi Masalah Tekanan Darah Tinggi

Penyakit hipertensi adalah penyakit yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah tinggi. Seseorang dikatakan memiliki hipertensi bila tekanan darah menunjukkan 140/90 mmHg. Kondisi hipertensi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan beban fungsi jantung yang mengakibatkan pembesaran otot jantung atau kerusakan. Selain tekanan darah tinggi dapat menekan arteri di otak pecah sehingga mengalami stroke bagi penderitanya.

Oleh karena itu, tekanan darah yang terlalu tinggi perlu diturunkan. Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi buah mengkudu. Buah mengkudu merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh dengan pohon yang tidak besar dan memiliki ketinggian hanya 3 hingga 8 meter saja.

Buah ini telah dikenal dengan manfaatnya dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Buah mengkudu memiliki warna hijau muda mengkilap dengan bintik bintik hitam di seluruh buahnya. Serta memiliki bentuk yang tidak teratur. Ketika sudah dalam keadaan matang, buah mengkudu berubah warna menjadi putih dengan bintik bintik hitam. Tanaman ini banyak ditemukan di Indonesia.

Buah mengkudu memiliki tekstur yang lembut saat matang, buah mengkudu juga memiliki bau khas seperti keju busuk, sehingga kebanyakan orang tidak ingin untuk mengkonsumsinya karena baunya yang kurang sedap. Namun, buah noni juga memiliki banyak kandungan gizi antara lain vitamin, mineral, protein dan zat xeronine seperti mikro, proxeronine, steroid alami, alizarin, natrium, asam kaprilat, asam kaproat, alizarin, lisin, dan asam kaprat. Selain itu, buah mengkudu juga memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi.

Untuk hipertensi, kandungan anti-inflamasi bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi di sebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Buah mengkudu memberikan efek pelebaran pembuluh darah sehingga tekanan pada dinding – dinding pembuluh darah berkurang, dan tekanan darah juga menurun.

Cara pembuatan ramuan buah mengkudu adalah cukup siapkan buah mengkudu yang matang dan mentimun lalu cuci hingga bersih kemudian buah mengkudu tumbuk bersama sama dengan mentimun sampai halus. Tekstur buah noni yang lembut sehingga ketika  proses menghaluskan menjadi jauh lebih mudah.

Anda dapat mengupas kulitnya terlebih dahulu, atau juga bisa langsung menumbuknya namun hal ini membutuhkna mengkudu yang sudah benar-benar matang. Setelah halus, saring airnya untuk menghilangkan ampas-ampasnya. Lalu masukkan sari-sari mengkudu ke dalam gelas.

Tambahkan air panas dan gula secukupnya untuk memberikan sedikit rasa mani kemudian aduk hingga rata. Dan konsumsi 2 kali sehari untuk hasil yang lebih cepat. Konsumsi di pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk mengontrol tekanan darah Anda setelah mengambilnya, sehingga tekanan darah tidak menurun. Mengontrol tekanan darah diperlukan untuk menghindari munculnya penyakit komplikasi lainnya.

ebenarnya cara yang paling baik adalah mengatur tekanan darah dengan cara mencegah daripada mengobati. Pencegahan hipertensi yaitu dengan mengubah tingkah pola hidup sehat, menghindari merokok, mengurangi kafein, hindari makanan berlemak dan makanan cepat saji. Selain itu, berolahraga secara teratur dan menghindari stres.

siput :